Selasa, 22 Maret 2011

Jurnal Penelitian

PERLAKUAN PANAS PADA PADUAN ALUMINIUM DALAM UPAYA MENINGKATKAN SIFAT MEKANIS MATERIAL PISTON BERBASIS MATERIAL PISTON BEKAS

FUAD ABDILLAH


ABSTRAK

Pemakaian aluminium pada industri otomotif terus meningkat Sejak tahun 1980, Khususnya paduan aluminium yang digunakan untuk pembuatan piston, blok mesin, kepala silinder dan katup. Dalam penelitian ini menggunakan limbah piston bekas motor bensin yang didaur ulang (remelting) menjadi piston Daihatsu Hi-jet 1000 dengan penambahan ADC 12 . Piston bekas yang memiliki komposisi 87,82 wt% Al, 7, 76 wt% Si, 0,775 wt% Fe, 1,40 wt% Cu, 0,368 wt% Mg ditambah material ADC 12 dengan proses penuangan grafitasi pada suhu penuangan 700oC, 750oC dan 800oC. Hasil penelitian meliputi uji komposisi, struktur mikro, dan kekerasan

Penambaan 75% ADC 12 memiliki persentase Si yang paling besar yaitu rata-rata 8,70 % Si. Penambahan 50% ADC 12 mempunyai perbedaan yang tipis sekali dibandingkan dengan penambahan 75 % ADC 12 yaitu 8,61 % Si (selisih 0,09 %). Sehingga untuk efektifitas dan efisiensi dalam proses perlakuan panas material piston bekas maka komposisi perbandingan 50% PB + 50 % ADC 12 merupakan perbandingan yang dipilih.

Setelah proses perlakuan panas nilai kekerasan material piston 50% PB + 50% ADC12 dapat meningakat dan beberapa hasil pengujian memiliki kekerasan yang sama dan bahkan diatas kekerasan piston asli Daihatsu yaitu 76 HRB. Hasil perlakuan panas yang menghasilkan nilai kekerasan ≥ kekerasan piston asli Daihatsu adalah perlakuan panas dengan temperatur aging 155 0C dengan waktu aging 2, 4 dan 5 jam

Kata kunci: Perlakuan panas, ArtificiAl Aging, Holding time


Tidak ada komentar:

Posting Komentar